[#20] [Islam] Ajengan vs Dukun

Aku sangat mempercayai kekuatan gaib dan juga perdukunan. Percaya mereka ada, percaya mereka bisa. Tapi aku tidak pernah berniat untuk mengunjungi para ‘orang pintar’ ini. Karena haram.

Selain haram, ada dua alasan lain yang membuatku malas mengunjungi dukun. Yang pertama jelas karena mahal. Yang kedua karena Syarat. Bila anda mengunjungi dukun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ada yang berupa puasa, melempar telor, menabur menyian, mandi, membaca do’a yang bila diartikan akan berbunyi sebagai pengakuan Tuhan selain Allah SWT. Dan masih banyak syarat-syarat yang lainnya.

Syarat diberlakukan secara variatif tergantung pada permintaan pasien.

Kenapa aku tahu?

Yang pertama jelas cerita orang yang sering berkunjung ke dukun atau yang mengerti dunia perdukunan.

Yang kedua karena aku pernah secara tidak sengaja berobat ke dukun. Mertuaku saat itu memintaku untuk mengunjungi salah seorang ajengan di Cianjur. Saat itu aku hanya berpikir kalau yang kukunjungi adalah orang yang soleh. Aku tidak tahu kalau ‘ajengan’ telah menjadi topeng bagi banyak dukun di Indonesia.

Jadi, WASPADALAH… DALAH DALAH LAH LAH

Abdac

5 thoughts on “[#20] [Islam] Ajengan vs Dukun

  1. kalo saya pernahnya ke orang pinter yang ustad. obat2annya biasanya air putih yang didoain sampe jamu2an dan mandi pake rebusan sereh! 😆 enak sih tapi agak repot juga. 😀

Tinggalkan Balasan

