[#14] [Islam] Obat Anti Galau

Galau

Kemarin aku merasakan sebuah perasaan unik yang belakangan sering disebut sebagai galau. Terkadang aku tidak tahu alasan aku galau. Karena ada beribu hal yang dapat menjadi trigger dari penyakit hati ini.

Saat aku galau, emosiku menjadi labil, kualitas kerjaku menurun drastis. Ini artinya aku telah memasuki fase non-produktif. Dari beberapa alasan yang aku temukan, ada satu alasan yang dapat kujadikan tersangka utama. Yaitu cita-citaku sendiri.

Memancangkan cita-cita setinggi langit memang penting. Namun terkadang logikaku menolaknya. Logikaku terus mengatakan kata mustahil.  Cita-cita yang tinggi hanya bekerja seperti doping dalam mencapai kesuksesan,namun dia juga memiliki sebuah efek samping yang disebut dengan galau.

Dunia

Benang lurus yang dapat menghubungkan antara cita-cita tinggi dan banyak penyebab galau lainnya adalah Dunia. Urusan dunialah yang menyebabkan diriku galau.

Cita-cita yang bersifat keduniaan, hubungan dengan lawan jenis, ekonomi dan berbagai permasalahan serupa mempunyai satu core yang sama. Dan untuk menghindari kegalauan adalah dengan melupakan berbagai permasalahan duniawi yang mendera.

Doa

Cara melupakan masalah duniawi adalah dengan mengalihkan perhatian. Namun sebelumnya aku harus mempunyai keyakinan kalau permasalahan yang kuhadapi hanyalah sementara. Dan semua keinginanku pasti akan kudapatkan karena semua doa pasti akan dikabulkan.

“Kun Fa Ya Kun!”, semudah itulah Allah mewujudkan keinginanku, Untuk apa aku khawatirkan keinginan-keinginanku yang sudah pasti akan dikabulkan.

Trik

Sebuah trik sederhana kulakukan agar aku terlepas dari kegalauan. Kutulis dalam secarik kertas kecil,

Aku akan menjadi orang terkaya di dunia, untuk apa aku khawatirkan ini dan itu. Lebih baik aku berusaha untuk mendekatkan diriku pada yang Maha Mengabulkan.

Dan trik sederhana ini sukses. Galauku berangsur menghilang seiring dengan banyaknya aku membaca kalimat pendek di atas kertas tersebut.

Galau disebabkan urusan dunia, titipkan urusan dunia pada pemilik dunia dan berkonsentrasilah pada kualitas ibadah kita. Niscaya galau tak lagi mendera.

Iklan

4 thoughts on “[#14] [Islam] Obat Anti Galau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s