[#1] [Blogging] Terbit di Awal Tahun Naga Air 2012

Aku tidak melakukan ini dengan sengaja. Namun entah mengapa, bertepatan dengan awal tahun Naga Air 2012 blog ini terbit.

Posting pertama ini telah mengalami banyak pengeditan. Sangat banyak pengeditan. Karena memang seiring dengan berjalannya waktu blog ini mengalami perubahan. Dari awalnya hanya untuk menampung artikel yang selesai kubaca, hingga menjadi blog yang mengekspos kehidupan pribadi dan juga isi pikiranku.

Yang pasti, seiring dengan berjalannya waktu, aku semakin menyukai menulis.

Mendengar Blogging

Pertama kali aku mendengar kata Blogging adalah empat tahun yang lalu saat teman-temanku sibuk membicarakannya. Mereka berbicara soal keuntungan, pemasukan yang melimpah, dan juga soal PR dan Alexa. Namun itu semua tidak membuatku berminat terjun ke dalam blogosphere.

Bagiku saat itu, bersenang-senang lebih penting daripada mengejar keuntungan dari sesuatu yang benar-benar aku tidak paham.

Tersesat di Blogosphere

Di awal pernikahanku, aku mencoba menjejakkan kakiku ke dalam Blogosphere. Dan aku tersesat. Benar-benar tersesat. Aku tidak tahu harus memulai darimana. Aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan. Dan uangku habis hanya untuk membeli layanan tutorial yang tidak selesai. Aku bangkrut gara-gara blogging.

Kalau aku mengingat kebodohanku saat itu, aku ingin tertawa, menyesal.

Tapi setidaknya aku telah lulus melalui ospek yang melelahkan. Baik untuk mental maupun keuangan.

Aku Pulang

Pada bulan Juli 2012, kawan-kawanku mengajakku kembali ke Blogosphere. Pulang ke dunia yang telah membangkrutkanku. Aku takut, namun di lain pihak aku penasaran. Ingin sekali aku menaklukkan alam maya ini. Ada sebersit dendam yang membuatku bergabung dengan kawan-kawanku.

Namun motivasi kami saat itu adalah uang instant. Yang bila diseduh tak lama kemudian siap tersaji. Salah satu temanku yang sudah malang melintang di dunia Blogging mengingatkan kami untuk membuang impian bodoh itu. Karena mengambil keuntungan dari Blogging tidak semudah mengambil uang dari orang tua.

Perlu Proses yang panjang.

Namanya juga Noobie keras kepala, kami keukeuh dengan strategi kami dan kami bergerak. Dengan modal seadanya kami langsung menyewa webhost hingga 3 tahun ke depan. Lalu kami membuat sebuah weblog yang bahkan kami tidak tahu ceruknya apa.

Lalu tiga bulan kemudian semuanya berantakan. Uang tak kami dapat, namun lelah kami rasakan. Modal sudah keluar dan tidak ada kata mundur lagi. Semangat teman-temanku terlihat mengendur. Jangankan memposting, menengok pun malas-malasan. Total aku yang memposting hampir semua artikel di sana. Hingga aku geram karena merasa kalau keringatku diperas sendirian.

Mungkin aku egois. Tapi aku jatuh sakit, dan itu adalah bukti kalau aku kelelahan secara fisik dan juga mental. Namun aku berterima kasih pada teman-temanku, karena mereka, kini pola pikirku yang mengatakan kalau Blogosphere itu kejam sudah mulai terkikis. Di lain pihak aku sudah mulai mengerti sedikit banyak mengenai WordPress.

Awal Bekerja =  Awal Blogging Kembali

Tepat pertengahan Januari akhirnya aku mendapatkan pekerjaan. Aku mendapatkan tawaran pekerjaan di bidang desain grafis bahkan saat aku masih sakit. Sesembuhnya aku, aku melakukan wawancara dan tanggal 16 Januari 2012 aku mulai bekerja.

Di kantor ada Internet, terpikirlah olehku akan keasyikan meraup keuntungan melalui Blogging tanpa harus mengeluarkan modal koneksi. Akhirnya kumulailah blog ini masih tanpa ceruk dan miskin originalitas. Hingga 2 bulan setelahnya, tepat pada pertengahan maret, aku kehilangan momentum dan kesenangan dari Blogging. Akhirnya aku memilih pilihan yang cukup ekstrim, yaitu merubah mayoritas postingku dan menghapus posting-posting non originalku.

Blog ini memang tidak memproyeksikan diri pada keuntungan, namun lebih pada menjadi wadah yang dapat menampung banyaknya ide yang meluap-luap. Ide yang hadir dari pengalaman pribadi.

Blog ini adalah blog pribadi, malah bisa dikatakan sebagai Diary. Selamat datang abdac.wordpress.com yang sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

